Review Text Editor Atom untuk Python Programmer

Udah 9 hari pake Text Editor Atom semenjak meninggalkan informasi tentang text editor Atom kurang lebih 2 tahun yang lalu. Nah, kemarin pas open box laptop yang baru di beli langsung di install text editor Atom. Awalnya sempet bimbang mau beralih dari PyCharm Enterprise, karena udah di manjakan dengan fitur-fitur yang ada.

Tampilan PyCharm

Nah setelah download Atom, saya langsung browsing-browsing package yang dulu sempet saya gunakan di Sublime Text. Ternyata sekarang package yang sering saya gunakan buat standard konfigurasi tersedia di Atom.

Tampilan Sublime Text

Berikut ini adalah package yang saya gunakan untuk standard konfigurasi di Atom:

  1. autocomplete-python
    Package ini berfungsi sebagai auto completion untuk python, jadi ketika mengetik sebuah build-in function maka package ini akan menampilkan suggestion kepada kita. Jadi kita tinggal tab atau pilih menggunakan keyboard up atau down.

  2. django-templates
    Nah kalau ini saya gunakan untuk mempermudah penulisan template tag pada template framework django.

  3. emmet
    Sama dengan django-template, package emmet ini lebih bisa memudahkan kita untuk menulis HTML, CSS, Sass/SCSS and LESS syntaxes. Jadi pekerjaan kita bisa lebih ringkas nih kalau pake package yang satu ini.

  4. markdown-preview-plus
    Kalau ini, dari namanya saja sudah kebaca ya kalau package ini buat memberi preview markdown yang kita tulis.

  5. python-autopep8
    Nah ini sangat membantu banget untuk memudahkan penulisan standard code nya python yaitu PEP8. Jadi package ini bisa mengubah gaya penulisan kita yang asal, menjadi standard PEP8 ketika melakukan save.

Nah, 5 package itulah yang sering saya gunakan untuk standard konfigurasi text editor Atom sebelum memulai develop sebuah web atau API. Semoga bermanfaat.

Indra :-)

comments powered by Disqus