Belajar Corporate Social Media Management

Yes! Social media. I love social media!
Kebetulan saya cukup aktif di social media seperti Path, Facebook dan Instagram. Saya aktif bukan karena kecanduan atau jadi habit. Semua saya lakukan sebagai riset untuk membaca perilakuk masing-masing orang ketika berada di internet. Jadi kalau ada postingna saya yang nyeleneh atau apapun jangan terlalu baper ya... itu cuma test ombak. Hanya ingin tahu siapa yang emosian, baperan, yang tanggapannya flat dan lain-lain. Kalau ada waktu sayang buat video tentang bagaimana cara menggunakan dan menanggapi postingan di social media. (doain yaaaaaa)

Kenali saya lebih dekat, nanti kalian tau kalau saya ini seorang pangern tamvan yang terbelenggu di tubub seorang yang kurang tamvan. *jangan terlalu dekat, nanti baper :/

Raig... kita masuk ke inti dari blog ini biar gak ngolor ngidul, biar ilmunya cepat teresap dengan baik. Rangkuman ini adalah hasil saya menyimak kelas Telegram tentang Advertising yang di bimbing oleh senior-senior Advertising ternama Indonesia seperti Om Budiman Hakim, Rizky Nur Zamzami, Subiakto Priosoedarsono dan masih banyak lagi senior lainnya.

Nah kebetulan salah satu senior yang membawakan materi kali ini adalah mas Agung Ari Wibowo beliau juga sudah 25 tahun lebih terjun di duni advertising. Di dalam sharing malam ini 25 November 2016 (kok sama-sama 25 ya. sama juga kaya umur saya. hiks), belian berbagi cerita ketika mengelola akun social media sebuah bank yang cukup besar hasil merger antara Bank CIMB dan Bank Niaga. semua pembahasan yang beliau bagikan ada 4 poin yang beliau beritahu ketika mengelola sebuah akun social media, antara lain:

  1. Kita mengelola postingan secara konsisten
  2. Kita harus dapat memetakan konten-konten secara lebih tepat waktu
  3. Setiap unit/produk tidak mendominasi isi timeline
  4. Kita harus punya sistem pencatatan yang baik

Setelah pembawaan materi selesai, saya mengajukan 2 pertanyaan, kurang lebih seperti ini untuk pertanyaan pertama:

Pertanyaan Saya:

Saya memiliki akun social media perusahaan yang aktif, yaitu Instagram, Facebook dan Twitter. Ada yang bilang kalau masing-masing platform socmed punya karakteristik masing-masing sebagai media komunikasi digital untuk sekarang ini.

Pertanyaan saya, pada saat kondisi dan tujuan seperti apa kita harus menggunakan fb, twitter dan instagram ?

Jawaban Mas Agung:

Agung Ari Wibowo, [Nov 24, 2016, 9:18 PM]: Terima kasih pertanyaannya, Mas M Asep Indrayana...

Secara umum kita harus menyesuaikan keunggulan masing-masing platform dengan pesan yang ingin kita sampaikan. Pesan-pesan yang bisa didukung dengan image yang bagus, tentu harus memprioritaskan Instagram sebagai mediumnya. Pesan yang butuh tulisan yang panjang, maka pilihannya adalah FB. Lalu, apakah isi pesannya harus berbeda? Tidak perlu. Karena satu pesan bisa diolah dari beberapa angle yang dipandang menarik...

Bagaimana dengan Twitter? Pakailah untuk pesan-pesan yang bisa dirangkai secara singkat.

Selain itu, berapapun jumlah platform yagn dipakai, harus bisa mempromosikan platform yang lain, sehingga khalayak juga aware atas aset brand tersebut di media sosial.

Semoga menjawab.

Pertanyaan ke-2

Petanyaan saya:

Oh iya satu lagi, untuk meningkatkan brand awareness, platform social media apa yang paling efektif.

Jawaban Mas Agung:

Agung Ari Wibowo, [Nov 24, 2016, 9:28 PM]: Peningkatan brand awareness malah seharusnya memaksimalkan aset yang sudah dimiliki. Saya cenderung untuk tidak mengunggulkan salah satu platform saja, karena user masing-masing platform-pun berbeda.

Content lebih menentukan dibanding platform. Itu menurut saya...

Pembahasannya yang bisa saya ambil pada kelas malam ini adalah konsitensi sebuah konten saat melakuakn campaign dan branding. Jadi jangan mencampur tujuan dalam satu waktu, Agar tujuannya lebih targeted.

Catatan dari saya, jangan pernah melakukan black campaign di social media. Gunakan sebaik mungkin karena para founder social media yang ada sekarang tujuannya baik. Selain sisi pencarian nilai uang yang mereka mau.

Nah, untuk membuat konten-konten manarik, di KelasKita ada loh kelas yang kuwren soal Copywriting. Kamu bisa ikuti kelas 38 Simple Tips Powerfull Copywriting. Yok ah ikutan.. mumpung masih diskon... eehee hee hee ehehe

Salam dari saya untuk pengguna social media di seluruh dunia.
Indra :-)

comments powered by Disqus